Berita

Jalan Wiramastra-Kebon Dalem, Prioritas Pembangunan Kecamatan Bawang

(BANJARNEGARA) – Jalan rusak dari Wiramastra sampai Kebon Dalem menjadi prioritas yang diusulkan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bawang di Kantor Desa Mantrianom, Selasa (13/2). Kendaraan dump truck yang memuat pasir dengan beban melebihi kapasitas jalan disinyalir menjadi penyebab kerusakan jalan tersebut.


Camat Bawang, Siti Yanuariah, berharap agar jalan tersebut dapat segera  diperbaiki sehingga masyarakat mendapatkan akses jalan yang bagus.

“Dari desa mengusulkan beberapa prioritas dan menyerahkan ke kecamatan dengan tujuan agar masyarakat  mendapatkan realisasi”, katanya.

Dalam kesempatan ini, Siti mengingnkan agar setiap desa di Kecamatan Bawang mendirikan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa). Hal ini berkaitan dengan bantuan pangan non tunai yang akan diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada bulan Januari sampai dengan Juni, dimana setiap KK akan mendapatkan 10 kg beras gratis.

“Masyarakat penerima Rastra di Kecamatan Bawang sebanyak 3071, 1 bulan harus tersedia 3 ton beras. Sudah ada beberapa desa sudah membentuk e-warung yang merupakan milik perorangan. Akan tetapi, pada saat yang menyediakan barang adalah Bumdes maka manfaatnya akan dapat diterima oleh semua masyarakat, tidak hanya perorangan,”ungkapnya

Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin, menyampaikan bahwa perencanaan pembangunan yang ada harus tersusun secara sistemik, sehingga nantinya bisa dipahami mana yang harus lebih prioritas dikerjakan. Perencanaan juga harus disesuaikan dengan perencanaan makro yang ada di RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) dan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka menengah Daerah). 

Untuk prioritas infrastrukstur tahap pertama dan kedua adalah pembangunan jalan yang kaitannya dengan RPJMD menjadi bagian yang sangat mendasar ketika membangun agroindustri di Banjarnegara.

“Kita sepakat ada skala prioritas, akan tetapi bagi siapapun yang memahami pembangunan semua harus dibangun secara bersinergi sehingga akan menghasilkan sesuatu yang berkualitas. Jalan menjadi prioritas utama, semua infrastuktur dan bangunan fisik harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh agar memiliki kualitas yang  baik”, kata Wabup.

Selain infrastruktur, SDM (Sumber Daya Manusia) juga merupakan bagian penting dalam pembangunan. Hal ini selaras dengan vIsi misi Bupati Banjarnegara tentang Banjarnegara bermartabat dan sejahtera. SDM berkaitan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Banjarnegara, semakin tinggi nilai IPM maka pembangunan dapat dikatakan berhasil.

Penduduk dikatakan berkualitas, kata Wabup,  bila kebutuhan hidupnya terpenuhi, seperti akses pendidikan, gizi, dan ekonomi. Pintar, makan makanan bergizi, tubuh sehat sehingga usia harapan hidup akan panjang, kemudian produktif memperoleh pendapatan.

“ Jika pendapatan perkapita meningkat kehidupan sejahtera akan terwujud”, imbuhnya. (amar)

Sumber : https://banjarnegarakab.go.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.